Memadui SMUN 1 Batam dg Lontara

Menggapai uluran tanggan Om Asnan, untuk me-Linux-kan SMUN 1 Batam – Sekupang, tadi pagi sampai sore kawan-2 GELORA berjibaku untuk menginstal BlankOn 3 alias Lontara ke PC-PC di lab komp

Dihalangi berupa hujan gerimis, niat baik ini ternyata tidak kendor. Setelah berramah-tamah beberapa saat, kawan-2 GELORA segera menebar madu di belasan PC di lab komp.

Ada sekitar 15 PC yg dimadui Lontara, dari sekitar 30-an PC di lab komp. Ya, belum semua! Itupun masih dual boot dg Win. Apa boleh buat, pihak sekolah belum berani 100% Linux. Yang penting, mereka bisa merasakan madu Lontara dulu, dan berharap mereka ketagihan🙂

Pada awalnya, OS yg mo diinstalkan adalah Hardy. Namun setelah diusulkan untuk memakai Lontara dg alasan agar siap dg multimedia ala Indonesia akhirnya kawan-2 yg hadir di sana saat itu menyetujuinya.

Secara umum proses berjalan lancar, kecuali banyak PC yg CD-ROM-nya ga jalan plus memori PC “hanya” 256 MB. Kondisi ini menghambat proses instalasi, namun bisa disiasati dg jurus kanibal🙂

Untungnya lagi, kami sudah siapkan salinan CD instaler sebanyak empat keping sehingga proses instal lebih cepat rapung.

Dari kegiatan ini, mengingatkan saya untuk menyiapkan hal-2 berikut saat akan migrasi atau instal masal:

  • CD instaler, jangan hanya satu!
  • USB instaler (belum punya)
  • DVD repo, jika perlu
  • RAM cadangan
  • Makan minum secukupnya😀

Maju terus SMUN1 bersama Linux!

Terus bersemangat meng-GELORA!

Hm… Yg satu lagi ngatri untuk mencicipi LTSP….

17 comments so far

  1. Tuxkeren on

    Ya..ya…ya…
    Setubuh…..! eh maksudnya setuju….

  2. andif on

    siip siip and siip🙂

  3. m.dede on

    SISWInya kedepan ikutan pas saat implementasinya biar Sekjen Smangat😛,

    =SALAM HANGAT PENUH SEMANGAT====

  4. adahendra on

    wah..SMANSA BATAM terkena juga virus linux..:D pake lontara lagi.. sukses buat linuxer batam yah ,mas eshabe

  5. rotyyu on

    Maju terus pantang mundur……..

    Bravo PENGUIN!!

  6. johnny64 on

    wah ini di smansa batam ya, aq soalnya alumni disitu. hebat dunkz kalau almamater aq di perkenalkan linux. pokoknya hebat dah.🙂

    ps: salam buat guru-guru smansa dari yakob.😛

  7. BiaTIk on

    hey…yoooo….

    Sma 1… waduuhh.. keyen bett dwah !!!

    canggih beneeer… sedd deahhhhhh!!!!

  8. Ada ajja on

    Smansaa…
    G
    i
    L
    a
    !
    !

  9. Dikky juve nurdiansyah on

    Hidupkan linux di smansa batam..
    Smansa batam emg tokcer..
    Saya terkesan bgt dgn guru2nya yg mendukung bgt bakat siswa..
    Dulu saya hoby ngerekam film dokumenter..
    Akirnya kami buat film dokumenter angkatan kami berkat dukungan pak khoidir, bu krisma dan bu dona..

  10. yosu... on

    gak ada sosialisasi penggunaannya atau cara menginstallnya mas ke murid 2x ?

    soalnya tuh komputer2x diinstall blankon tapi gak pernah ada murid yang pake OS itu, takut klo salah ngapa2in ,komputernya yg knapa2x . .
    thx. .

    eshabe: ada. lihat yg ini.
    segitukah kehebatan blankon koq komputernya yg kenapa-2?😀

  11. yosu... on

    yah , percaya deh mas, kami belum pernah make tuh blankon . .
    hehe

  12. m.dede on

    Fakta dilapangan memang spt itu , karen waktu kemarin ada sedikit pekerjaan kesana (Sma1) , saya liat langsung begitu juga dengan Ata😀 ,

    eshabe:
    ye…. koq bisa langsung nge-judge bahwa penyebabnya blankon?😉

  13. m.dede on

    penyebabnya yang pasti bukan karena “lONTARA YG CWAKEP ITU” tak lain karena memang Guru-guru di sana belum mengerti benar tentang HAKI (tooh tak satu pun M$ di sana yang “berlisensi”), dan mybe masih bingung harus mulai dari yang mana untuk mengoperasikan Blankon🙂 , “sepertinya mereka butuh buku panduan tuuh kang Sihab sekedar untuk mengoperasikan “OO” itu sudah baik menurut saya looh” tanpa perlu pendalaman “fundamental all abot os GNU/LINUX” yang pastinya memerlukan banyak waktu dan Tenaga ,

    eshabe: gitu yach? sebenarnya hal itu juga bukan masalah. Panduan BlankOn Lontara juga telah tersedia di internet. tinggal unduh saja.

  14. MOZAK on

    samsa gokill abizzzzzzzzzzzzz !

  15. Diwo on

    Nah…
    Ini selingan buat anak2 SMU N 1 Batam. Kunjungi http://www.roda-club.co.cc .Sebenarnya sebagian dari temen2 udah ga asing lagi dengan situs ini, terutama untuk kelas 2(kelas XII). Karena kita sempat singgah dan berinteraksi dengan mereka. SMU N 1 merupakan singgahan perdana kami.

    Salam teknologi….

  16. gustina on

    ass, aku sneng masuk disini dapat komunikasi dengan warga smansa dan alumni

  17. […] Sumber: https://eshabe.wordpress.com/2008/06/22/memadui-smun-1-batam-dg-lontara […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: