SymbolicLink Dalam Apache

Salah satu kebiasaan saya saat developt aplikasi berbasis web adalah mengumpulkan dalam folder / path di dalam hirarki user aktip. Yakni dalam path /home/user/ (tidak dalam /var/www). Alasannya adalah: mempermudah proses edit program.

Namun sesekali dg. alasan tertentu saya meletakkannya di tempat lain. Saya gunakan symbolic link agar program berjalan.

Pastikan ada “FollowSymLinks” di berkas  000-default

       
                Options Indexes FollowSymLinks MultiViews
                AllowOverride None
                Order allow,deny
                allow from all
       

Di Terminal:

$ cd /var/www
$ ln -s /dimana/sa/ja/www-ini .

Selanjutnya saya pastikan bahwa user www-data (di distro lain bisa jadi beda) bisa akses folder www-ini dg perintah:

$ chmod a+x www-ini

Hal di atas juga hrus diterapkan pd dimana, sa dan ja.
Yg terakhir ini saya sering lupa, makanya saya tulis di blog 😀

No comments yet

Tinggalkan komentar