Mengganti IP Modem ADSL TP-LINK TD-8810

Bosan dg IP default 192.168.1.1? Untuk mengganti IP Modem ADSL TP-LINK TD-8810 (modem ini saya dapat gratis dari Telkom Speedy) caranya gampang:

  1. Buka halaman http://192.168.1.1/ dg browser kesayanganmu. Saya sich sayang Frefox🙂
  2. Isi user & password admin kamu.
  3. Klik Advanced Setup – LAN
  4. Ganti IP Address, misalnya: 192.168.2.1
  5. Jika Enable DHCP Server dicontreng (ech.. inga’ pemilu kemarin😀), jangan lupa mengganti Start IP Address dan End IP Address, misalnyaL 192.168.2.100 dan 192.168.2.254
  6. Jangan lupa klik Save/Reboot

Eh, jangan lupa mengganti IP kompi kamu, misalnya: 192.168.2.2 !!

10 comments so far

  1. kirun on

    Hasil dari ping ke google bisa mas… tapi dari pc server-nya saja, sedangkan dari laptop melaui switch
    tidak bisa (muncul tulisan : destination unreachable), padahal sudah terkonek ( ada notifikasinya : lan 2 connected)
    kira – kira topologi jaringannya seperti dibawah ini :

    INTERNET
    ||
    ||
    ||
    ====MODEM ADSL/ROUTER======== PC SERVER
    (modem TPLinkTD8817)—USB—> NIC/Landcard
    || /
    || /
    || RJ45
    || /
    || /
    SWITCH(TL SF1005D)
    ||
    ||
    KOMP.CLIENT(5bh)

    saya sudah lihat, kok ada 3 connection di windows
    Local Area Network (realtek PCIe family controller, network cable unplugged)
    Local Area Network 2 (fast ethernet NIC, network cable unplugged)
    Local Area Network 3 (TPLink adsl usb router, status connected)

    kira-kira settingan apa yang kurang yaaa ???
    mohon pencerahannya
    thx

    • eshabe on

      @kirun:
      Jika targetnya agar ke-6 PC bisa internetan, set saja modem mode “PPPoE”. Dari PC-Server yg sekarang pake Firefox/IE, http://192.168.1.1/
      jika minta username & password, isi saja admin & admin (semoga blm diganti). Ada di buku manualnya koq. atau di CD-nya🙂

      Jika sudah selesai (reboot) ubah saja skema jaringan menjadi:

      Internet == TP_LINK —RJ45– SWITCH ==== PC

      OK?

      Muncul 3 ya?
      yg terakhir: karena ente dah nyambung pake USB – ADSL. sip!
      yg 2 di atas: karena LAN card ente ga kepake.

      lan connect bukan berarti dah bisa pake internet.
      dari PC-SERVER check seting IP Modem. enable-kan DHCP Server.
      di PC client check IP-nya, set ke automatic (dhcp) saja.
      lalu dari command prompt
      > IPCONFIG

      cek, seharusnya ipnya 192.168.1.xx
      jika sudah, coba ping ke 192.168.1.1 (ip router)
      jika bisa, coba ping ke 203.130.193.74 (ip dns telkom)
      jika bisa, coba ping ke google.com🙂

  2. zainal on

    mohon bantuannya bagaimana caranya/perintah untuk mengeset ip pada linux ubuntu untuk dijadikan server dengan menggabungkan 2 koneksi yg berbeda

    karna sya punya koneksi instrnet dan speady

  3. Welly on

    Saya pemula dalam hal internet dan baru mulai dengan warnet kecil-kecilan, lalu ingin tambah dengan Wi Fi, mungkin ada teman yg punya laptop sendiri bisa ikutan brousing di Warnet saya. Lalu saya beli Router TP-LINK type TL-WR841N. Router ini dengan default IPnya 192.168.1.1, kendati saya lihat di Biling warnet saya beroperasi dengan IP 192. 168.1.2. Jadi tiap kali akan menggunakan WI Fi, selalu tidak bisa membuka alamat websitenya. Apakah default router harus diuabah dan bagaimana mengubahnya? Mohon pertolongan untuk pencerahan. Thanks.

  4. Fauzi on

    aku mau tanya kal 2 modem ti dak mengunakan mikrotik gimana???aku punya 1 hub aja aku susah seting nya??? please kirim ke email aku

  5. ilham on

    klo mau mengetahui gmn??
    soal ip modem d ganti tmn..

  6. daiiatdream on

    wah…wah..wah..

  7. sumarji on

    cara menyeting antena tp-link, jadikan AP ap langkah2 yg harus dilakukan

    • eshabe on

      tp-link yg ini tidak ada antenanya, boz….🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: