Archive for Januari, 2010|Monthly archive page

Chating Facebook dg Pidgin di Ubuntu

Mungkin ini basbang bagi sebagian kita. Tapi bagi saya ini hal baru (karena katrok?) Baru tahu kalo bisa chat facebook dari pidgin.

Caranya? Install dulu plugin-nya. Eh, artinya download dulu pluginnya (pidgin-facebookchat) di sini. Pilih yg .deb saja ga usah macam2! 😀

Kemudian klik ganda berkas hasil download, lalu klik Install. Klo bingung pake command line saja:

sudo dpkg -i  pidgin-facebookchat-1.64.deb

Buka Pidgin. Menu Accounts -> Manage Accounts
Klik Add…
Pilih protocol sbg Facebook.
Selanjutnya… Ya dilengkapi, masa harus dituntun semuanya 😀

Bagaimana Agar Icon Googlegroup Tidak Berwarna Putih?

ika-pensKebetulan lagi membuat milis alumni di googlegroup. Nah, saat memasang icon group ternyata gambar yg diunggah (upload) sebaiknya berbentuk bujur sangkar, misal 100×100 piksel. Di mana2 icon itu bentuknya bujur sangkar ya? Gara2 katrok, saya unggah berkas apa adanya. Jadinya ya jueleeeekkkk!

Hal lainnya adalah sebaiknya berkas tersebut dalam format PNG. Icon yg saya unggah awalnya dalam format GIF. Walaupun backgroundnya sudah transparan namun saat ditampilkan menjadi warna putih. Setidaknya itu yg terjadi di Firefox / Ubuntu Karmic. Dari mana saya tahu koq sebaiknya PNG? Tuh, nyontek icon2 yg ada dari google 😀

Karmic di CQ40 512TU-ku Sudah Bisa Suspend

CQ40Hari2 bersama Karmic di lapi Compaq Presario CQ 512TU selalu dibayangi untuk “jangan salah klik: Suspend“. Karena lapiku klo dah suspend (sleep?) ga mau wake-up. Ini gara2 BIOS lapi dah di-downgrade ke F11E oleh tokonya (atau orang lain). Gogling sana-sini mengarahkan aku untuk upgrade BIOS karena masalah suspend ini adalah bug ACPI dari BIOS.

Aku pergi juga ke situsnya HP untuk download BIOS terbaru (F55), namun program flasher-nya untuk Vista. Coba pake wine, ga jalan! (tapi bisa diinstal)

Hampir putus asa, maksudnya, hampir mo pasang software bajakan (lalu buang lagi) agar masalah suspend ini selesai. Aku coba gogling lagi, eh ketemu yg ini. Padahal dulu sudah membacanya tapi aku rasa ribet jadi aku abaikan. Aku ikuti saja SOP-nya dan berhasil!

Ini langkah yg aku gunakan:

  1. Download Flasher BIOS (InsydeFlash) baru (lihat tautan di atas)
  2. Instal hasil download pake wine (boleh juga instal  di Windows tetangga 😀 ).
  3. Ambil file 30F7F55U.FD hasil instal di atas dan copy ke flashdisk. Lalu ubah menjadi 30F7.BIN
  4. Unmount flashdisk
  5. Shutdown lapi
  6. Cabut power supply
  7. Cabut baterai
  8. Tancap flashdisk (lih nmr 3) jika blm terpasang
  9. Tekan & tahan tombol Supper (Windows) + B
  10. Tancap power supply
  11. Tekan tombol power
  12. Setelah flashdisk berkedip2 cepat tanda ada proses, lepaskan tombol Supper & B
  13. Tunggu sampai lapi mati sendiri.
  14. Cabut power supply
  15. Pasang baterai
  16. Pasang power supply
  17. Nyalakan!

Karmic di CQ40 512TU sudah bisa tidur!

Walau begitu ternyata masih belum sempurna. Saat wake-up, ethernet ga detect alias ga mau connect.

Solusinya, aku tambah baris SUSPEND_MODULES=r8169 di berkas /etc/pm/config.d/00sleep_module

r8169 adalah driver yg digunakan untuk ethernet (eth0), cek dg:

lshw -c network

Sempurna? Belum!

Ternyata masih meninggalkan masalah bahwa setelah wake-up, dia masih belum otomatis terhubung ke jaringan kabel (Wired Network), ya eth0 itu. Koneksi Auto eth0 dlm NetworkManager hilang. Ini bisa diakali dg membuat koneksi lain, misalnya Rumah. Nah, bila Auto eth0 tidak muncul, maka tinggal pilih Rumah.

Misalnya sebelum suspend koneksi Rumah yg digunakan, setelah suspend/wake-up koneksi tetap kosong, harus memilih Rumah lagi agar koneksi jaringan terjadi.

Ada solusi?

Load balancing di Ubuntu

Saya masih sangat awam soal jaringan. Setelah obrak-abrik tulisan orang tentang load balancing dua koneksi internet, saya menyimpulkan bahwa untuk keperluan ini cukup satu baris peintah:

$ sudo ip route replace default nexthop via 192.168.0.1 dev eth0 weight 3 nexthop 192.168.1.1 dev eth1 weight 2
  • Saya gunakan sudo kerena saya jalankan dari user admin (tidak saya letakkan di /etc/rc.local )
  • Saya gunakan replace (bukan add) karena sebelumnya sudah ada route default
  • Weight 3 > weight 2, artinya eth0 lebih utama.
  • Ada yg lain?
%d blogger menyukai ini: