Ubuntu Precise – Trusty – BlankOn Suroboyo – ElementaryOS Isis – Xubuntu Trusty

Ubuntu 14.04 Trusty Tahr LTS adalah versi Ubuntu yang hendak saya gunakan sebagai pengganti Precise Pangolin. Precise telah menemani saya selama dua tahun ini di laptop ASUS K43B.

Namun usaha saya untuk install mengalami masalah:

Installer sering hang — untuk mengatasinya saya tambahkan opsi acpi=off di grub saat booting.

Setelah di-install, wireless off, Fn key tidak berjalan dengan baik  — hal ini karena ada opsi acpi=off di grub

Setelah dibuang opsi acpi=off di grub, Ubuntu sering hang, atau tidak bisa login / logout /restart / shutdown.

Setelah gogling sana-sini, nyerah 😦

Pindah ke BlankOn Suroboyo, eh saat install hang… pertanda buruk, cari yang lain (padahal saat test dg VirtualBox, lancar).

Pindah ke ElementaryOS Luna, lancar!

Namun yang membuat saya kurang nyaman dengan OS ini adalah File Manager-nya, saat mode “view icon” dan membuka dua jendela, jendela satu berubah jendela yang lain ikut “refresh“.

Pindah ke Xubuntu Trusty Tahr

xubuntu

Sama seperti di Ubuntu, harus menambahkan opsi acpi=off di grub saat booting saat install. Proses install berjalan lancar.

Hasil install juga berjalan lancar, bahkan tanpa opsi acpi=off. Masalah baru timbul setelah saya menjalankan “apt-get upgrade“. Oh…

Masalah seperti di Ubuntu Trusty muncul. Dugaan saya ini karena masalah kernel baru yang dipasangkan saat saya “upgrade” tadi. Mau pindah lagi ke ElemetaryOS? Hm… Tunggu dulu! Setelah gugling ada petunjuk untuk menggunakan driver “fglrx“, saya coba install dengan “apt-get install fglrx“.

Alhamdulillah, lancar! 🙂

6 comments so far

  1. f (@diletan) on

    mas, saya juga pake xubuntu tahr saat ini, masalahnya cuma pada modem e392 saya, bisa sih dial up pake networking manager, tapi pas saya pake buat ussd untuk ngecek pulsa lewat modem manager gui prosesnya selalu macet, apa yg salah ya?

    • eshabe on

      Maaf. Blm pernah pake/coba USSD 😦

  2. Kosha on

    xubuntu FTW! 🙂

  3. Yance on

    Saya pake Ubuntu 14.04 di laptop jadul emachine D720. Aman-aman saja. Bahkan sekarang komputer di kantor mau saya migrasi semua Ubuntu. Dari sekian merk & tipe Notebook maupun PC pake Ubuntu 14.04 lancar jaya.

    • eshabe on

      He he he.. Artinya saya sedang tidak beruntung 😦


Tinggalkan komentar