Mengecilkan PDF dengan Ghostscript

Berkas yang ditunggu-tunggu sudah tiba. Tanpa pikir panjang, berkas-2 tsb. (yang dalam bentuk PDF hasil pindaian) langsung saya pecah menjadi ratusan berkas agar dapat saya unggah ke masing-2 data sesuai dengan nomor peserta. Sebelum saya unggah berkas-2 tsb saya ubah nama sesuai dengan nomor urutnya agar (1) mudah memeriksa peserta mana yg belum ada berkasnya dan (2) memudahkan saya dalam mengunggah berkas sesuai nomor urut.

Eh…. Ternyata bekasnya ukurannya terlalu besar. Seharusnya maksimal 1MB ini malah 2 s.d. 4 MB.

Solusi sederhananya adalah pindai ulang dengan resolusi/ukuran yang lebih rendah lalu ubah nama lagi satu-satu. Tapi apa tidak ada cara lain, misalnya mengecilkan semua berkas tanpa harus unggah satu2 ke aplikasi daring?

Setelah gogling beberapa waktu dan mencoba dengan script batch akhirnya dapat solusi dari Ask Ubuntu.

Berikut tahapan yang saya lakukan:

  1. Instal Gostscript. Saya menggunakan Ghostscript 9.55.0 for Windows (64 bit)
  2. Buat berkas batch dengan nama “resizepdf.cmd”
  3. Jalankan resizepdf.cmd di folder yang berisi berkas pdf.

Selesai

resizepdf.cmd
@echo off
set gs="C:\Program Files\gs\gs9.55.0\bin\gswin64c.exe" -sDEVICE=pdfwrite -dCompatibilityLevel=1.4 -dPDFSETTINGS=/ebook -dNOPAUSE -dQUIET -dBATCH -sOutputFile=
set outPath=..\resized\
IF exist %outPath% ( echo %outPath%  exists ) ELSE ( mkdir %outPath%  && echo %outPath%  created)

for /r %%I in (*) do (
	echo %%I
	%gs%"%outPath%%%~nxI" "%%~nxI"
)

No comments yet

Tinggalkan komentar