Incip-Incip BlankOn X Tambora

Setelah lama tidak mencoba distro Linux, malam ini saya coba instal BlankOn X Tambora.

Kesan pertama saat instal adalah: smooth dan sederhana, sesuai dengan apa yg disampaikan di situs blankonlinux.or.id. Proses instalnya pun sangat-sangat mudah sekali 😀 Cukup tujuh langkah, bahkan sesungguhnya menurut saya cuma lima langkah, BlankOn X Tambora terinstal dg sempurna.

screenshot-from-2017-01-19-21-47-11

Tampilan BlankOn X Tambora

Bagi saya, aplikasi-aplikasi bawaan BlankOn X Tambora “sangat saya sekali”. Misalnya Mozilla Firefox untuk peramban web, GIMP untuk pengolah gambar, Inkscape untuk pengolah grafik vektor, LibreOffice untuk office suite, VLC untuk media player (di samping Audacious).

Yg menariknya lagi BlankOn X Tambora menyertakan aplikasi Peta, sebuah aplikasi peramban peta bumi yang menyajikan peta berbasis data OpenStreetMap dan Badan Informasi Geosapsial.

Kesimpulannya, eh… 🙂

Distro dalam negeri ini saya rekomendasikan bagi kamu yg sedang mencari distro Linux, termasuk bagi kamu yg pemula di lingkungan Linux.

Lalu, apakah saya sendiri akan mengganti Manjaro di lapi? 78%, ya!

3 comments so far

  1. bhento on

    salam kenal…!

  2. negatif on

    saya coba burning ke dalam flasdisk kenapa tidak bisa booting gan?
    saya menggunakan aplikasi rufus untuk burningnya…..
    bahkan setelah flasdisk di eject si flasdisk minta diformat
    itu bagaimana gan?

    • eshabe on

      Saat “burning” flashdisk diformat? format tipe FS apa? Pilih FAT/FAT32/NTFS.


Tinggalkan komentar